Pengalaman Guru Terbaik Dalam Hidup

Pengalaman Guru Terbaik Dalam Hidup
Tetap senyum, Selalu tersenyum

Selasa, 04 Desember 2012

Bangganya Kuliah di Peternakan


Bangganya Kuliah di Peternakan

Banyak mahasiswa peternakan yang minder apabila ditanya sedang kuliah di jurusan apa. Malu-malu kalau mau menjawabnya. Padahal, sungguh luar biasa bisa belajar ilmu peternakan. Bahkan di Al Qur’an beberapa kali Allah menyebutnya. Setelah selesai kuliahpun banyak alumni yang bekerja di luar bidang peternakan. Hal tersebut karena banyak yang tidak tahu kalau peternakan adalah ilmu yang asyik dipelajari, dan ketika mau mengembangkan peternakan berarti berani mengemban profesi yang sangat mulia.. Selama masih ada kehidupan manusia di dunia ini, produk peternakan tetap JAYA, karena sumbangan terbesar protein yang dikonsumsi manusia adalah berasal dari peternakan. Jadi, semua orang sangat tergantung pada kita bukan? Contohnya tahun 2012 ini, terjadi kelangkaan daging khususnya daging sapi di Indonesia lantaran pemerintah melarang impor daging. Harga dagingpun melambung tinggi karena persediaan daging lokal tidak mencukupi kebutuhan pasar. Nah, ini juga menjadi peluang kita mengembangkan peternakan. So, mengapa harus minder kuliah di peternakan????
Ternak adalah hewan yang sengaja dipelihara dan dirawat oleh manusia untuk diambil manfaatnya. Diantaranya adalah dapat dimanfaatkan dagingnya yang halal untuk dikonsumsi, seperti ayam, sapi, kambing, dan unta. Selain dapat diambil dagingnya untuk dikonsumsi, Allah SWT menciptakan ternak yang dapat diambil air susunya untuk diminum, bulunya dapat dijadikan wol yang dapat menghangatkan tubuh dan dapat digunakan sebagai alat transportasi. Allah SWT berfirman :

“Dan sesungguhnya pada hewan-hewan ternak terdpat pelajaran penting bagimu. Kami memberi minum kamu dari (air susu) yang ada dalam perutnya, dan padanya juga terdapat banyak manfaat untukmu, dan sebagian darinya kamu makan, dan di atas binatang-binatang ternak itu dan (juga) di atas perahu-perahu kamu diangkut” (QS. Al Mu’minun: 21-22).
“Dan di antara hewan-hewan ternak itu ada yang dijadikan pengangkut beban dan ada (pula) yang untuk disembelih. Makanlah rezeki yang diberikan Allah kepadamu, dan jangnlah kamu mengikuti langkah-langkah setan” (QS. Al An’am: 142).

Ayat di atas menjelaskan bahwa pelajaran yang dapat diambil dari binatang sungguh banyak, termasuk sifat dagingnya yang berbeda satu dengan yang lain, ada yang lezat dan bergizi, keistimewaan dan kemampuannya pun berbeda-beda. Allah SWT menganugerahkan binatang-binatang ternak untuk manusia, antara lain untuk bisa diambil pelajaran-pelajaran daripadanya sehingga manusia dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya untuk memperoleh karuniaNya. Sungguh, Maha Besar KuasaNya.
Proses terbentuknya air susu maupun telur sangat luar biasa (dipelajari saat kuliah, atau bisa tanya di google ya...). Dari rumput dan limbah-limbah yang sudah tidak dimanfaatkan manusia seperti bungkil kelapa sawit, bekatul, bungkil kedelai, ampas tahu, jerami padi, jerami jagung, jerami kacang tanah dan seabrek limbah-limbah lain yang merupakan sampah bagi manusia, setelah masuk pencernaan ternak keluarlah sebagai susu yang sangat bermanfaat untuk kita dengan kandungan gizinya yang super. Kemudian, dari biji-bijian masuk ke tubuh ayam yang mungil itu, keluarlah telur berprotein tinggi yang halal dan sangat disukai banyak orang. Kita tidak bisa menggambarkan bagaimana Allah menciptakan organ-organ pada ternak tersebut hingga bisa menghasilkan daging, susu maupun telur. Sungguh Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Melalui fenomena-fenomena alami ciptaanNya tersebut, semoga dapat mengingatkan kita tentang kebesaranNya.

2 komentar:

  1. like this. Maha Besar Allah dengan segala firman dan Ciptaan-Nya.
    . Dan akupun g minder jadi Sarjana Peternakan...Bismillah Sarjana Membangun Desa ( SMD) 2013...Ayo teman2, qt majukan Indonesia dengan pengembangan Peternakan.

    BalasHapus
  2. aamiin....
    JAYA PETERNAKAN!!!!!!

    BalasHapus