Pengalaman Guru Terbaik Dalam Hidup

Pengalaman Guru Terbaik Dalam Hidup
Tetap senyum, Selalu tersenyum

Rabu, 05 Desember 2012

About Dunia Kampus


Dunia Kampus yang Mengesankan

Senang rasanya saat mendapat pengumuman bahwa diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang kita idam-idamkan. Soalnya mindset orang Indonesia masih bergengsi kuliah di Perguruan Tinggi Negeri, berbeda dengan mindset luar negeri yang lebih bangga jika kuliah di Perguruan Tinggi swasta yang bersaing. Habis itu ngebayangin seperti di televisi, menjadi mahasiswa dengan kegiatan kuliah, kantin, kumpul-kumpul dan jalan-jalan. Tetapi, apakah dunia kampus itu penuh dengan hura-hura seperti yang ditampilkan dalam sinetron televisi? Dalam kenyataannya sedikit yang seperti itu, dan jikalau menjadi mahasiswa hanya ingin seperti yang ditayangkan dalam sinetron, maka sangat sayang sekali berarti belum bisa memaksimalkan potensi diri. Padahal, banyak hal yang bisa kita lakukan saat menjadi mahasiswa. Misalnya, belajar berdiskusi dengan orang-orang hebat dalam pemerintahan, berdiskusi dengan para ahli yang berkompeten dalam bidangnya dan sebaginya. Dunia kampus mengesankan dengan penuh perjuangan dan tantangan (terbayang drama korea Love Story in Harvard yang menceritakan perjuangan mahasiswa Korea di Fakultas Hukum Harvard University). Namun, tidak semuanya juga seperti yang digambarkan dalam drama tersebut. Dunia kampus tiap orang pastinya mempunyai cerita yang berbeda. Ada suka dukanya masing-masing yang dapat dijadikan pelajaran serta memori terpenting dalam kehidupannya.
Aktifitas dan Kreatifitas
Dunia kampus memang begitu mengesankan, berbagai aktivitas bisa kita lakukan dengan bebas. Selain harus menyelesaikan amanah akademis yang merupakan amanah utama sebagai mahasiswa, menjadi mahasiswa juga bebas berkreatifitas sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Berbagai kreatifitas tersebut difasilitasi dalam bentuk organisasi kemahasiswaan dan Unit pelaksana Kegiatan (UPK) mahasiswa dengan mendapat dana dari birokrasi (rektorat). Asyik ya ^_^.  Bagi yang suka dengan olahraga, ada UPK olahraga. Bagi yang suka pramuka, ada UPK racana mahasiswa. Bagi yang suka menyanyi ada UPK paduan suara. Bagi yang senang berpolitik bisa mengembangkan kemampuannya dalam Badan Eksekutif Mahasiswa dan Senat. Bagi yang suka menulis ada UPK khusus yang menampung dan mengembangkan tulisan. Bahkan, bagi yang ingin mendalami agama, ada UPK kerohanian sesuai dengan agama yang dianutnya dan sebagainya. Itulah beberapa aktifitas yang bisa dikembangkan oleh mahasiswa selama menempuh pendidikannya di kampus.
Aktifitas-aktifiatas tersebut tidak hanya sekedar menyalurkan kreatifitas, namun juga bisa menjadi sebuah prestasi. Misalnya, bagi yang suka menulis bisa menyalurkan tulisannya dalam media dan kompetisi karya ilmiah mahasiswa, pekan olahraga pun sering diadakan kompetisi untuk memberikan semangat kecintaan kepada bangsa Indonesia, ajang kontes menyanyi dalam paduan suara juga tak kalah dengan lainnya bahkan bisa jalan-jalan ke luar negeri jika menjadi juara. Bagi yang senang berwirausaha, sekarang ini berbagai lomba kewirausahaan digelar dan diperuntukan untuk mahasiswa sehingga peluang menjadi pengusaha walau masih berstatus mahasiswapun terbuka lebar.
            Mahasiswa yang akademisnya bagus dan aktif dalam organisasi berpeluang menjadi mahasiswa berprestasi (MAWAPRES). Seleksinya mulai dari jurusan masing-masing, kemudian seleksi tingkat Fakultas, selanjutnya seleksi tingkat Universitas, dan bagi juara I Universitas akan ditandingkan di tingkat nasional. Wow... bisa ketemu dengan mahasiswa-mahasiswa seluruh Indonesia.
Beasiswa
            Mahasiswa yang berprestasi, yang dibuktikan dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi berpeluang mendapatkan beasiswa berprestasi yang biasanya bernama beasiswa PPA. Bagi mahasiswa baru yang berprestasi sejak SMA dan kondisi keluarganya kurang mampu berpeluang mendapatkan beasiswa Bidik Misi dan Eka cipta pada Universitas-universitas tertentu. Bagi yang kurang mampu dan sudah menempuh pendidikan di kampus, bisa mendapatkan beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dan masih banyak beasiswa-beasiswa lainnya yang bisa didapatkan oleh mahasiswa untuk menunjang proses belajarnya. Misalnya: BCA, Sampoerna, BRI, BNI, BUMN, Pertamina, Djarum, Supersemar, ASTRA, YAMPI dan lain-lain yang tak kalah besar jumlahya.

Rusmiyati, SP.t
09 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar