Pengalaman Guru Terbaik Dalam Hidup

Pengalaman Guru Terbaik Dalam Hidup
Tetap senyum, Selalu tersenyum

Minggu, 09 Desember 2012

Sukses VS Gagal


Sukses VS Gagal

SUKSES!
Agaknya begitu sulit untuk bisa meraihnya. Itulah yang sering kita rasakan. Mungkin saya bisa mengatakan hal tersebut sebab beberapa impian saya akhir-akhir ini belum tercapai sesuai dengan keinginan. Padahal saya pikir saya sangat membutuhkannya dan saya yakin saya bisa meraihnya, tetapi kenapa Allah belum memperkenankannya untuk menggenggamnya?. Terkadang saya hingga berfikir apakah ini hadiah yang Allah berikan kepada saya akibat banyak melalaikan perintahNya dan mengabaikan kekuatanNya yang begitu dasyat itu. Teringat seorang ustadhah atas taujihnya beberapa hari yang lalu, beliau mengatakan bahwa kita tidak akan bisa kuat kalau kita hanya mengandalkan kekuatan diri kita sendiri, kekuatan Allahlah yang membuat kita selama ini kuat menghadapi berbagai ujianNya.
Sebenarnya, Allah sangat tahu apa yang kita butuhkan setiap saat. Tetapi, diri ini sering khilaf bahwa Allah mengetahui segala apa-apa yang terbaik buat kita saat ini. Kegagalan-kegalan yang kita rasakan, sering membuat diri kita begitu tersiksa dan putus asa. Sebenarnya kita tahu bahwa kegagalan ini hanya kegagalan yang sifatnya duniawi saja. Namun, hati ini sering belum ikhlas untuk menerimanya. Betapa egoisnya diri ini yang belum bisa menerima keputusanNya, padahal tentunya ini adalah hal terbaik pilihanNya untuk kita. Diri ini merasa sangat lemah, begini saja tidak bisa, begitu saja tidak mampu padahal orang lain saja bisa dsb. Perasaan iri atas keberhasilan orang lain menambah hati ini semakin teriris-iris.
Mengembalikan semuanya kepadaNya adalah hal terbaik yang harus dilakukan. Sesegera mungkin bangkit dan mempercayakan hasil terbaik kepadaNya. Bukankah tugas manusia adalah merencanakan dan mengusahakannya semaksimal mungkin, dan hasilnya adalah Allah yang berhak menentukan?. Allah tidak akan menilai hasilnya, tetapi yang dinilai adalah seberapa besar usaha yang sudah kita lakukan. Selalu mengingatkan diri ini bahwa kemampuan kita tidak bisa dibandingkan dengan kekuatanNya, sehingga Allah tidak akan menguji hambaNya di luar batas kemampuannya. Berdoa adalah senjata paling ampuh yang bisa dilakukan.
Jika kita di uji dengan berbagai masalah, maka jangan pernah katakan “Ya Allah aku punya masalah yang besar”, tapi katakanlah “wahai masalah aku punya Allah yang Maha Besar”, sehingga kita optimis untuk bisa menaklukannya. Semoga hati ini selalu mengingat kalimat-kalimat baik ini hingga senantiasa selalu bisa sesegera mungkin bangkit dari segala bentuk kegagalan. Saatnya memang harus dikembalikan kepadaNya, memasrahkan apa-apa yang terbaik untuk kita kepadaNya. Yakini bahwa rencana Allah lebih indah dibandingkan dengan rencana dan impian-impian kita yang mungkin sering kita tempel di dinding-dinding kamar kita. Bagi Allah sangat kecil untuk mengabulkan permohonan hambaNya.
Ibaratnya, kita tidak akan bisa naik kelas tanpa mengikuti ujian kenaikan kelas. Demikian juga, kita tidak akan pernah naik derajat di hadapanNya jika kita tidak pernah melalui ujianNya. Lulus dari segala ujianNya akan menjadikan diri ini juga semakin kuat menghadapai ujian-ujian yang lain. Semangat! Percayalah bahwa ujian kegagalan ini adalah terbaik yang diberikan, yang akan menjadi pelajaran dan guru yang terbaik, yang akan menghantarkan kita kepada kesuksesan, yang mengingatkan kita saat kita sukses nanti. Sukses tidak akan terasa indah tanpa merasakan kegagalan terlebih dahulu. Pepatah mengatakan, bukan karena pukulan ke 100 yang memecahkan batu tapi karena ke 99 pukulan sebelumnyalah yang memecahkannya. so, perbanyak ikhtiar. Tunggu rencana terindah, rencana terspesial yang akan diberikan kepada kita.
Jika kita gagal, segera introspeksi diri. Sudah seberapa besar usaha yang kita lakukan. Seberapa serius kita berdoa memohon kepadaNya. Seberapa banyak kita melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Sangat manusiawi jika kondisi iman ini sering naik turun, karena sejatinya yang imannya terjaga adalah hanya utusanNya. Berusaha senantiasa berada di jalanNya yang lurus akan memudahkan kita bangkit dari keterpurukan. Semangat raih sukses sesuai jalanNya! Raih sukses dengan kebarakahanNya.

Semarang,
Rabu, 10 oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar